Pemilihan Makanan Jajanan



Pemilihan makanan jajanan merupakan salah satu bentuk perilaku kesehatan. Perilaku kesehatan merupakan hal-hal yang berkaitan dengan tindakan atau kegiatan seseorang dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan. Perilaku sendiri dibentuk melalui suatu proses dan berlangsung dalam interaksi manusia dengan lingkungannya (Notoatmodjo 2007). Kian hari kian beragam jajanan yang dijual di sekitar kita. Saat membeli jajanan umumnya konsumen hanya memiliki pertimbangan enak atau murah (Muaris dan Ulung 2012).
Makanan jajanan juga dikenal sebagai street foods adalah jenis makanan yang dijual di kaki lima, di lingkungan sekolah, pinggiran jalan, di stasiun, di pasar, tempat pemukiman serta lokasi sejenis. Makanan jajanan banyak sekali jenisnya dan sangat bervariasi dalam bentuk, keperluan dan harga (Nuraini 2007 dalam Rosa 2011). Banyak pedagang jajanan yang menjual makanan ringan rendah kalori atau rendah nilai gizi. Anak-anak yang telah mengkonsumsi makanan ringan tersebut kemudian akan kurang tertarik untuk sarapan dan makan siang di sekolah maupun dirumah (John CS 2012).

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 comment: